Warsiti’site

Arti kata Pemakzulan

by siti on Mar.08, 2010, under Aku dan keluarga

Akhir-akhir ini sering mendengar kata pemakzulan, kata yang menurutku sangat asing. Setiap ada  kata yang asing saya berusaha mencari tahu dengan cara tanya sama om Google. Oleh om Google ditunjukkan menurut Kamus Indonesia Modern bahwa Pemakzulan adalah raja yang turun tahta. Menurut lamaan yang diperoleh Karo Cyber dari situs internet, Pemakzulan adalah sebuah proses dimana sebuah badan legislatif (dikenal dengan DPR) di Indonesia menjatuhkan dakwaan terhadap seorang pejabat tinggi negara.

Dalam artian kata lain Pemakzulan juga dikenal dengan istilah yang lebih populer, yaitu impeachment, dimana kata impeachment itu sendiri sering dipergunakan oleh negara luar dalam hal menjatuhkan hukuman terhadap pejabat tinggi negaranya oleh anggota Legislatif negara tersebut, dan salah satunya adalah pernah terjadi di Amerika Serikat.

Pemakzulan bukan selalu berarti pemecatan atau pelepasan jabatan, namun hanya merupakan pernyataan dakwaan secara resmi, mirip pendakwaan dalam kasus-kasus kriminal, sehingga hanya merupakan langkah pertama menuju kemungkinan pemecatan.

Saat pejabat tersebut telah dimakzulkan, ia harus menghadapi kemungkinan dinyatakan bersalah melalui sebuah pemungutan suara legislatif, yang kemudian menyebabkan pemecatan sang pejabat.

Pemakzulan berlaku di bawah undang-undang konstitusi di banyak negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Brasil, Rusia, Filipina, dan Republik Irlandia.


Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!